Uncategorized

Tiga Operator Seluler Indonesia Resmi Terima 5G

Persaingan operator seluler di Indonesia untuk mendapatkan izin penggunaan pita frekuensi 5G memang sengit. Namun nyatanya, ada 3 operator seluler Indonesia yang dinyatakan telah memenuhi persyaratan untuk mengoperasikan jaringan 5G di Indonesia.

Ketiga operator jaringan seluler Indonesia ini diperbolehkan

menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHz pada rentang 2360 – 2390 MHz. Evaluasi administrasi dilakukan oleh tim seleksi dan pemeringkatan dilakukan dengan menggunakan aplikasi timekeeping.

Hasil pemeringkatan tim seleksi menempatkan Smartfren (PT Smart Telecom Tbk) di posisi pertama, Telkomsel (PT Telekomunikasi Selular) di posisi kedua dan Tri (3) Indonesia (PT PT Hutchison 3 Indonesia) di posisi ketiga.

Masing-masing operator seluler ini membayar harga

yang diminta sebesar Rs.144,86 miliar. Secara total, ketiga operator jaringan seluler itu merogoh kocek Rp 434,6 miliar untuk menyiapkan jaringan 5G di Indonesia.
5 penyedia jaringan seluler mendaftar untuk lelang 5G

Kominfo menemukan ada 5 operator seluler Indonesia yang terdaftar dalam lelang 5G, yakni Smartfren (PT Smart Telecom Tbk), Telkomsel (PT Telekomunikasi Selular), Tri (PT PT Hutchison 3 Indonesia), Indosat (PT Indosat Tbk) dan XL (PT. XL Axiata Tbk).

Dalam perjalanannya pada Kamis, 10 Desember 2020

, hanya empat operator jaringan seluler yang menyerahkan dokumen aplikasi untuk diseleksi, yakni Smartfren (PT Smart Telecom Tbk), Telkomsel (PT Telekomunikasi Selular), Tri (PT PT Hutchison 3 Indonesia) dan XL (PT ) .

Dokumen tersebut kemudian diseleksi dan sayangnya PT XL Axiata Tbk harus dicoret dari daftar. Pada akhirnya, hanya tiga operator yang memasuki proses lelang hingga babak terakhir. Dokumen yang terkumpul diperiksa oleh tim seleksi dengan disaksikan saksi-saksi, i. H. Perwakilan peserta seleksi, terpilih.

Karena hanya tiga peserta yang lulus dokumen dengan waktu pengiriman yang sama, maka dilakukan pemeringkatan menggunakan aplikasi pencatat waktu. Hasil pemeringkatan seperti yang sudah disebutkan di atas.

Kemudian calon yang lolos seleksi administrasi akan diminta untuk memasukkan username dan password di sekretariat tim seleksi pada 14 Desember 2020 pukul 13.00 WIB. sampai jam 3 sore WIB. Sementara itu, penetapan penempatan berdasarkan permintaan penunjuk waktu akan dimulai pada Selasa, 15 Desember 2020.

Lihat Juga :

https://merkbagus.id/
https://www.gurupendidikan.co.id/
https://www.dosenpendidikan.co.id/
https://teknosentrik.com/
https://daftarpaket.co.id/
https://memphisthemusical.com/
https://www.dulurtekno.co.id/
https://www.i4startup.id/
https://dolanyok.com/
https://4winmobile.com/

You might also like