Uncategorized

Gerakan Senam Irama

Senam Irama memang sangat populer belakangan ini. Senam Irama lebih identik dengan wanita. Tetapi di Jepang, senam ritmik juga dipraktekkan oleh kaum pria.

Senam Irama adalah senam dengan gerakan-gerakan yang mengikuti irama. Irama pengiringnya bisa berupa tepukan tangan, ketukan, nyanyian musik, serta lain sebagainya.

Nahh sebelum lanjut ke pembahasan-nya, alangkah baiknya jika kita mengulas terlebih dahulu pengertian senam lantai

Pengertian senam Irama

Senam irama yakni suatu gerakan senam atau gerakan bebas yang diiringi dengan musik atau nyanyian sesuai dengan irama-nya. Adapun unsur-unsur yang ada di dalam senam irama meliputi: keluwesan, kesinambungan gerakan, serta ketepatan irama. Rangkaian senam irama dapat dilakukan secara berjalan, melompat, loncat, serta ayunan dan putaran tangan.

Senam irama juga senam lantai merupakan gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam lantai bisa kalian lakukan dengan menggunakan alat ataupun tanpa alat. Alat yang sering digunakan yaitu ganda, simpai,tongkat, bola, pita dan topi.

Senam lantai merupakan salah satu cabang dari senam artistik dimana seorang atlit atau kelompok senam menampilkan koreografinya yang kaya akan nuansa akrobatik, balet serta tari modern dengan atau tanpa alat bantu senam berupa bola, pita, tali, klub dan lingkaran.

Senam ritmik merupakan senam yang dipertandingkan dalam olimpiade dan perlombaan senam ritmik internasional, sedangkan aerobik misalnya merupakan senam yang dilakukan hanya untuk menjaga dan dimana dalam senam ini sekelompok melakukan senam yang dipandu oleh senam.

Selama ini senam ritmik dilakukan / diperuntukkan hanya oleh wanita. Tetapi akhirnya Jepang mulai memimpin dalam menciptakan nomor putra di senam ritmik walaupun hal ini masih berlaku untuk klub-klub Jepang. Senam ini didominasi oleh wanita. Pertama-tama, sebab senam ini lahir di Eropa oleh beberapa pakar yang sebenarnya ahli di bidang seni. Dalam perkembangannya, senam ritmik banyak mengadopsi gerakan balet serta juga balet identik dengan wanita pada saat itu.

Hal ini juga sudah berlangsung turun temurun, sedemikian rupa sehingga senam ritmik yang semula dilakukan oleh perempuan menjadi identik dengan olah raga perempuan serta menjadi tradisi sampai sekarang.

Gerakan Dasar Senam Irama

Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut.

A. Langkah biasa (looppas)

Berdiri tegak. Letakkan kaki kiri dan lengan kalian di samping tubuh. Melangkah keluar dengan kaki kanan dan jatuhkan ke tumit, kemudian bergantian dengan kaki kiri. Dalam gerakan berjalan normal, faktor-faktor berikut harus diperhatikan.

  • Kaki rata di sendi lutut.
  • Gerakan tersebut dilakukan dengan cara yang santai.
  • Gerakannya disesuaikan dengan ritme.

Gunakan irama 2/4 (sd), 3/4 (hhh), 4/4 (dddd), ambil posisi berdiri, ambil langkah kiri, lepaskan kedua lengan di sisi tubuh. Di nomor “satu”, maju selangkah dengan kaki kanan kaliain dengan menempatkan tumit di depan telapak kaki kiri serta kemudian ujung jari kaki terakhir. Angka “dua” untuk pijakan kaki kiri Ingat, saat menginjak lutut harus rata, tumit perlu diturunkan.

B. Langkah-langkah rapat

Berdiri tegak. Letakkan kaki kanan kalian di depan kaki kiri kalian. Lalu, taruh kaki kiri di depan kaki kanan, diikuti dengan kedua kaki. Langkah rapat dilakukan dengan hitungan 1 ke kanan, hitungan 2 ke kiri, serta hitungan 3 kali pertemuan.

Prinsipnya, sikap langkah jatuh di atas tumit dengan kondisi sebagai berikut.

  • Gerakan kaki rata di lutut.
  • Dibuat dengan cara yang santai dan fleksibel.
  • Gerakannya disesuaikan dengan ritme.

C. Langkah keseimbangan (ballanspas)

Berdiri tegak. Hitung satu, gerakkan kaki kiri ke depan. Hitung dua, kaki kanan mengikuti satu langkah ke depan. Sebelum kaki kanan menginjak (tumit masih terangkat) kaki kiri bergerak ke belakang, diikuti dengan kaki kanan, menarik bersama.

Prinsipnya, langkah ini dilakukan sebagai berikut:

  • Tidak ada waktu untuk berhenti;
  • Dilakukan dengan kaki rata;
  • Lebih tepatnya, gunakan ritme 3/4 atau 4/4.
  • Langkah depan (galoppas)

Sikap didirikan anjur kiri. Pada hitungan 1, silangkan kaki kiri kalian di depan kaki kanan kalian. Kraissprong juga bisa dilakukan dengan terbalik. Langkah silang ini dilakukan dengan kecepatan 2/4.

D. Tangga depan (galoppas)

  • Langkah ini dimulai dengan tubuh berdiri tegak.
  • Pada bidai pertama, kaki kiri diletakkan di depan kaki kanan.
  • Kemudian silangkan punggung dengan langkah 2/4.
  • Kemudian kaki kanan dalam posisi tegak dibawa ke depan.
  • Kemudian dilanjutkan dengan langkah kaki kiri dan kemudian lagi dengan kaki kanan.
  • Gerakan tersebut dilakukan secara bergantian.

Akhir Kata

Artikel ini dikutip dari https://rumussoal.com/ jika artikel ini kurang jelas maka kalian bisa mengunjungi situs-nya langsung di atas, temukan-lah artikel menarik lain-nya di situs tersebut.

Hanya sekian-lah teman teman semuanya pembahasan kami kali ini mengenai Gerakan Senam Irama Jika kalian kurang puas dengan ini maka kalian bisa mengunjungi situs-nya langsung di atas.

Baca Juga : Contoh Cerpen

Rate this post