Bahasa Indonesia

Contoh Cerpen

Cerita pendek atau cerpen ini mempunyai ciri khas tersendiri yakni selain bahasanya yang sederhana serta sangat mudah dipahami, cerpen juga mempunyai latar yang cenderung padat serta langsung ke tujuan utama cerita.

Berikut yakni beberapa contoh cerita pendek yang menarik untuk dibaca di waktu senggang atau sekedar mengisi waktu luang.

Sebelum masuk ke dalam contoh teks cerita pendek, ada baiknya jika kalian memahami terlebih dahulu struktur sertas pengertian dari cerita pendek tersebut, yakni sebagai berikut.

Pengertian Cerpen

Contoh Cerpen

Cerpen yaitu suatu bacaan yang mempunyai banyak penggemar, dengan plot yang hanya satu dan tidak memakan waktu lama untuk membacanya, membuat pencinta pecinta cerpen ketagihan untuk membaca-nya ketagihan dengan tersebut.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian cerita pendek, nahh kali ini kami akan membagikan artikel mengenai contoh cerita pendek yang meliputi pengertian cerita pendek, contoh cerita pendek, contoh cerita pendidikan dan lai sebagai-nya berikut.

Cerpen merupakan kependekan dari cerpen yang diartikan untuk suatu jenis karya yang ditulis dalam bentuk prosa serta bersifat fiktif yang juga menceritakan serta mendeskripsikan suatu cerita yang dijalani oleh masing-masing tokoh, disusun secara singkat dan diiringi dengan berbagai konflik. di tengah plot dan akan diakhiri dengan solusi dan solusi konflik.

Struktur Cerpen

Dalam isi cerita paling sedikit terdapat 6 (enam) struktur, diantaranya:

♦ Abstrak: bagian pertama yang menjelaskan deskripsi cerita itu sendiri.

♦ Orientasi: bagian yang menjelaskan suasana cerita, waktu dan juga tempat.

♦ Complication: bagian yang menjelaskan bagaimana urutan kejadian dalam cerita itu sendiri, baik berupa sebab maupun akibat. Dan secara umum pada bagian ini juga menjelaskan mengenai karakter dari karakter tersebut.

♦ Evaluasi: bagian yang menjelaskan poin-poin penting dari cerita itu sendiri atau solusi dari masalah dalam cerita.

♦ Resolusi: Ada bagian yang menjelaskan solusi dari masalah yang ditemukan dalam cerita.

♦ Koda: bagian yang dapat diambil dari cerita, dalam bentuk sumpah ataupun pelajaran.

Setidaknya inilah struktur cerita yang harus ada dalam cerita kalian.

Beberapa Contoh Cerpen

Setelah bisa memahami struktur di atas, berikut merupakan contoh cerita pendek yang sering dicari serta diminta oleh kebanyakan orang.

Berikut dibawah ini merupakan beberapa cerpen atau (cerita pendek-nya)

Contoh Cerpen Terbaik

Berikut merupakan cerita dengan kategori terbaik, selamat membaca dan saya harap kalian bersenang-senang.

“Bu, hari ini barang ayah sedikit yang terjual. Hanya ini yang bisa ayah bagi dengan ibu.” Sembari dia membagikan uang pada istrinya yang dipakai untuk kebutuhan rumah tangga. “Iya pak. Tidak papa, yang penting kamu sudah mencoba-nya, masalah dengan hasil keberuntunganmu yaitu memberikan segalanya kepada Tuhan.”

Keesokan harinya, Pak Reno mulai bekerja seperti biasa, membawa dagangannya ke pasar. Di dalam perjalanan dia bertemu dengan seorang wanita tua yang ragu-ragu di jalan.

“Bisakah saya membantu Nenek?” Ucap Pak Reno kepada nenek tersebut.

“Nak, bolehkah saya meminta uang? Saya ingin pulang tetapi tidak ada biaya.” Dia bertanya kepada Pak Reno dengan suara rendah.

“Uangku juga pas – pasan, dagangan-ku kemarin tidak laku. Untuk makan saja kadang masih belum cukup, ah, tapi tidak apa-apa. Pak ustad bilang sedekah dapat melancarkan rejeki, bismillah saja.” Dia bergumam pada dirinya sendiri.

“Oke, nek, itu uang untuk naik bus ke tujuanmu. Jadi aku bisa mengantarmu ke halte bus.” Dia berkata sambil mengantar Nenek ke halte bus.

“Terima kasih nak, semoga rejekimu senantiasa dipermudah.”

“Aamiin, Nek”.

Usai mengantar Nenek, Pak Reno kembali ke pasar untuk menjual dagangannya. Sesampainya di pasar, ada pembeli yang membeli barangnya sampai habis.

“Alhamdulillah Rezeki tidak kemana-mana. Memanglah sedekah dapat melancarkan rejeki” Pak Reno bergumam dengan bersyukur.

Inilah ringkasan terbaik dari sebuah cerita pendek yang bisa dipelajari, bahwa sedekah bisa membuka pintu rejeki.

Contoh Cerpen untuk anak sekolah

Berikut ini merupakan cerpen bertema anak sekolah, selamat membaca dan semoga kalian terhibur.

Rendy duduk sambil merenung di meja belajarnya. Waktu pulang dari sekolah pada pukul 4. Malam ini, dia berjanji akan belajar dengan sungguh – sungguh karena besok UTS akan diadakan atau tes lanjutan akan dilaksanakan serentak di seluruh SMA se-DKI Jakarta.

Rendy tampak-nya bingung untuk mulai belajar dari mana. Dia langsung buka tasnya dan ternyata ada buku tahun lalu yang sudah ia fotokopi siang tadi dari temannya. “

Cukup-lah hanya untuk latihan, “Ucap-nya dalam hati. Tanpa basa-basi, Rendy langsung saja mengambil pulpen dan mengisi soal tersebut.

Terdapat beberapa pertanyaan yang sudah dikuasainya, seperti teori / hipotesis masuknya agama Hindu ke Indonesia. Hipotesis Waisya melaporkan bahwa agama Hindu dibawa oleh pedagang dari tempat asalnya, yaitu India.

Seperti pertanyaan nomer 28: Aliran Budha memppunyai makna“ kendaraan besar” yang berarti …. serta banyak lagi yang belum terjawab. Terhitung lebih dari 20 soal yang masih belum terjawab.“ ah ini mah soalnya mudah namun jawabanya sulit” dia cekikikan dengan iktikad menghibur diri.

“Berlatih soal itu susah, apalagi UTS yang sebenarnya,” ucap-nya di dalam hati. Ini seperti menaiki tangga, terus ke atas terus menjadi berat. Satu jenis masalah yang dialami Rendy, apabila tidak diselesaikan, maka akan sama dengan kalah sebelum bertarung.

Faktanya, seluruh modul ada di buku teks. Buku teks “ZZZ” juga yang sering dibuka. dari situ ia mulai membaca sejarah kerajaan nusantara.

Kesimpulannya, Rendy bisa dengan sangat mudah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sama seperti jenis cerita yang mudah berjaya, segar serta tenang tanpa konflik antar karakter.

Tidak ada keinginan sedikit pun dari penulis untuk membuat cerita ini menarik. Karena pada akhirnya pembaca sudah memahami satu bab penting yang mempengaruhi sejarah Indonesia. Tamat

Akhir kata

Artikel ini dikutip dari https://materibelajar.co.id jika artikel ini kurang jelas maka kalian bisa mengunjungi situs-nya langsung di atas, temukan-lah artikel menarik lain-nya di situs tersebut. Dan semoga artikel ini bisa membantu kalian semua.

Baca Juga : Contoh Kalimat Teknis

Rate this post

You might also like