Teknologi

Cara Instal Windows 10

Cara Instal Windows 10 – Laptop kalian belum memakai Windows 10? Dan kalian ingin meng-install windows 10 tapi masih bingung? Jangan khawatir, dari pada membeli laptop baru, mending kalian simak saja pembahasan kami di bawah ini mengenai cara instal windows.

Mengapa kalian benar-benar perlu menginstal Windows 10? Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi yang sudah dikembangkan oleh Microsoft. Windows 10 ini sudah dirilis pada 29 Juli 2015 dengan banyak manfaat.

Berbekal fitur-fitur modern yang canggih, Windows 10 terbukti mampu menghipnotis penggunanya dengan tampilan yang praktis. Windows 10 juga direkomendasikan untuk para gamer yang ingin memanfaatkan ukuran fitur Windows 10.

Sebelum kalian memutuskan laptop atau PC baru. maka kami akan menjelaskan cara menginstal Windows 10 untuk referensi:

Apa itu Windows 10

Cara Instal Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi PC yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Threshold 2 Windows 10 (v10.0.10586) dan diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014 [29] kemudian dirilis pada tanggal 29 Juli 2015 dan November 2015.

Pertama kali diperkenalkan di konferensi Build pada bulan April 2014, Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan pada antarmuka pengguna yang pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanisme tambahan yang meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat non-layar sentuh (seperti Komputer desktop dan laptop) yang dikatakan meningkatkan revitalisasi menu Start di Windows 7, sistem desktop virtual, serta kemampuan untuk menjalankan aplikasi Windows Store di jendela desktop, bukan mode layar penuh.

Cara Instal Windows 10

Cara Instal Windows 10

Di Bawah ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menginstall windows 10 dengan mudah dan lengkap untuk kalian semua.

Jadi untuk kalian yang ingin meng-update laptop kalian menjadi windows 10 maka kalian bisa simak pembahasan di bawah ini, berikut pembahasan-nya:

1. Atur bahasa, waktu, dan keyboard

Cara Instal Windows 10

Di jendela pertama yang muncul, kalian harus melakukan berbagai pengaturan. Yang pertama yaitu mengatur bahasa yang ingin kalian gunakan. Windows 10 sendiri memiliki lusinan bahasa yang bisa dipilih, seperti: B. Inggris, B. Prancis dan lain sebagai-nya.

2. Cara Instal Windows 10 dengan flash

Selanjutnya, kalian perlu memilih format waktu dan format penulisan mata uang yang akan digunakan di Windows 10. Terakhir, kalian perlu memilih jenis keyboard yang ingin kalian gunakan, apakah itu keyboard standar AS atau keyboard khusus seperti bahasa Arab dan Jerman.

Setelah semuanya diatur, maka silahkan klik tombol Next. Di jendela berikutnya, kalian akan melihat tombol besar bertuliskan “Instal Sekarang” di tengah. Silakan klik tombol itu untuk memulai proses instalasi.

3. Tentukan jenis instalasi

Cara Instal Windows 10

Selanjutnya, kalian perlu memilih dua jenis instalasi Windows 10. Yang pertama yaitu “Upgrade”, yang menyimpan data dari sistem operasi sebelumnya. Sementara yang kedua yaitu “khusus”, semua data dari sistem operasi sebelumnya dihapus.

Sebab kami sedang melakukan penginstalan baru, pilih opsi kedua. Apabila kalian memilih opsi ini, maka Windows 10 yang akan diinstal akan menjadi merek baru sehingga kalian tidak akan mengalami masalah lagi yang kalian temui di sistem operasi yang sebelumnya.

Silahkan pilih partisi yang akan kalian gunakan untuk lokasi instalasi windows 10 jika kalian sudah mempersiapkan partisi sebelumnya. Jika tidak, maka kalian bisa membuat partisi baru atau memformat partisi yang sudah ada.

Untuk menginstal Windows 10, maka harus ada ruang kosong sebesar 16 GB pada hard drive untuk versi 32-bit dan 20 GB untuk versi 64-bit. Direkomendasikan supaya kalian mengalokasikan lebih banyak ruang dibandingkan persyaratan minimum sehingga kalian bisa menyimpan banyak aplikasi di dalamnya.

Jika sebelumnya kalian mempunyai data di hard drive, maka susunlah partisi ini dengan hati-hati supaya partisi yang berisi data tidak terhapus. apabila pembuatan partisi selesai, maka klik tombol Next.

4. Instal dan buat pengaturan

Kemudian proses instalasi Windows 10 akan segera dimulai. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 60 menit, tergantung spesifikasi komputer. Komputer kalian juga akan restart beberapa kali selama proses ini.

Setelah penginstalan selesai, kaliain akan disajikan dengan opsi Pengaturan atau Preferensi di layar komputer kalian. Untuk menyesuaikan berbagai pengaturan, maka silakan klik tombol “Sesuaikan”. Tetapi jika kalian tidak ingin membuang waktu, klik tombol “Gunakan-lah Pengaturan Ekspres”.

Kemudian masuk ke akun Microsoft kalian. Jika kalian sudah memilikinya, yang harus kalian lakukan yaitu memasukkan alamat email dan kata sandi kalian di kolom yang tersedia. Apabila tidak, maka klik opsi “Buat Akun Baru” untuk membuat akun Microsoft baru.

Saat kalian masuk ke akun Microsoft, maka kalian bisa mengakses fitur terbaik Windows 10, seperti di Windows Store dan lainnya. Setelah selesai, klik tombol Berikutnya di setiap halaman yang muncul sampai proses penyiapan selesai.

5. Windows 10 siap digunakan

Setelah proses instalasi selesai, komputer kalian akan restart beberapa kali lagi untuk menyelesaikan proses instalasi. Akhirnya, komputer kalian memulai Windows 10 serta menampilkan desktop yang sangat bagus khas Windows 10.

Cari-lah informasi mengenai berbagai fitur di Windows 10 supaya kalian bisa dengan cepat beradaptasi dengan fitur dan tampilan baru. Jangan lupa untuk membuat berbagai pengaturan supaya Windows 10 berfungsi sesuai keinginan.

Kemudian, instal berbagai driver yang dibutuhkan komputer kalian. Meskipun Microsoft sudah menginstal beberapa driver umum dengan otomatis, namun tetap ada beberapa komponen yang perlu diinstal terlebih dahulu dengan driver tertentu.

Jika kalian menggunakan laptop, maka driver yang berbeda-beda ini biasanya tersedia di situs resmi merek laptop yang kalian pakai. Jika kalian menggunakan PC rakitan, maka silakan unduh dari situs web komponen masing-masing.

Akhir Kata

Artikel ini dikutip dari https://www.pondband.net jika artikel ini kurang jelas mka kalian bisa mengunjungi situs-nya langsung di atas, temukan-lah artikel menarik lain-nya di situs tersebut. Dan semoga artikel ini bisa membantu kalian semua.

Baca Juga : Custom Room Lenovo A6000

Rate this post

You might also like